Jumat, 11 Juli 2014

RPP SMP Kelas VII (Teks Tulis Daftar Barang)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   : SMP                                                                         
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : VII/2
Materi Pokok            : Teks Tulis Daftar Barang (list)
Alokasi Waktu          : 1 x 40 menit


A.      Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


 

       B.KompetensiDasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1




Mensyukuri  kesempatan  dapat mempelajari  bahasa Inggris  sebagai bahasa pengantar  komunikasi internasional  yang  diwujudkan  dalam semangat belajar.

1.1.1     Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
2.









2.2









Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.
(Cetak tebal: Fokus untuk pembelajaran dalam  RRP ini)


2.2.1    Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok

2.2.2    Mengakui ketika             membuat kesalahan

2.2.3    Tidak menyalahkan     orang lain atas tindakannya sendiri

2.2.4    Melakukan hal-hal yang     dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain.

3.
3.6
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks label nama (label) dan daftar barang (list), sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.6.1    Menentukan tujuan             komunikatif teks        

3.6.2    Mengidentifikasi             struktur teks

3.6.3    Mengidentifikasi unsur             kebahasaan dalam teks

4.
4.7

Menyusun teks tulis label nama (label) dan daftar barang (list), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.7.1    Menanyakan sifat dan ciri fisik daftar barang secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima

4.7.2    Menyatakan sifat dan             ciri fisik daftar barang secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima

4.7.3    Menanyakan sifat dan ciri fisik daftar barang secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima

4.7.4    Menyatakan sifat dan             ciri fisik daftar barang secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima

C.      Tujuan Pembelajaran  

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1)             menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris;
2)             bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok;
3)             mengakui ketika membuat kesalahan;
4)             tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri;
5)             mengidentifikasi tujuan komunikatif teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
6)             mengidentifikasi struktur teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
7)             mengidentifikasi unsur kebahasaan secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
8)             mengidentifikasi kata sifat yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
9)             mengidentifikasi kata kerja yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
10)         mengidentifikasi frase benda yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
11)         mengidentifikasi kata keterangan yang terdapat dalam teks secara berkelompok;

D.      Materi Pembelajaran 

Fungsi Sosial         : Mengenalkan, mengidentifikasi, menginventarisasi

Struktur Teks       : Nama benda, dengan atau tanpa jumlah

Unsur Kebahasaan: 
(1)   Artikel a, kata benda plural
(2)   Angka kardinal, 1 s.d. 100, one, two, three, … one hundred
(3)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(4)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan

Topik: Benda-benda di sekitar rumah dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.



E.       Metode Pembelajaran

1.         Metode Ilmiah

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1.         Media
Gambar benda, poster


2.         Alat
Realia benda, spidol warna.

3.         Sumber Pembelajaran
a.       Model ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi transaksional dan fungsional dengan benar, tepat, dan dengan sikap yang sesuai.
b.      Contoh peragaan dalam bentuk  rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
c.       Contoh interaksi tertulis
d.      Contoh teks tertulis
e.       Teks atau latihan dari buku teks Bahasa Inggris
f.       Teks dari buku non-teks
g.      Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah
h.      Sumber dari internet, seperti:

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
-    Apersepsi dan  motivasi
-    Penyampaian tujuan pembelajaran
-    Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan

Kegiatan inti (25 menit)
Observing






-   Peserta didik mendengarkan dan meniru berbagai nama dan daftar benda-benda di dalam rumah. (Task 1)
-   Peserta didik menyalin berbagai nama dan daftar benda-benda di dalam rumah. (Task 2)
Questioning

-   Peserta didik mempertanyakan perbedaan antar ucapan dan tekanan beberapa nama dan daftar benda-benda di dalam rumah. (Task 3)
-   Peserta didik menjawab pertanyaan artikel a, an dan the mengenai nama dan daftar benda-benda di dalam rumah. (Task 4)
-   Peserta didik menjawab pertanyaan angka kardinal mengenai nama dan daftar benda-benda di dalam rumah. (Task 5)
Exploration
-   Peserta didik berlatih menulis mengenai nama dan daftar benda-benda di dalam rumah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan. (Task 6)

Assosiating

-   Peserta didik secara berkelompok menganalisis fungsi sosial, ungkapan dan struktur teks, unsur kebahasaan mengenai beberapa nama dan daftar benda-benda di dalam rumah. (Task 7)

Networking
-   Peserta didik mendiskripsikan gambar di .  (Task 8)
-   Peserta didik mempresentasikan daftar barang mengenai benda-benda di dalam kamar mandi di depan kelas. (Task 9)

Penutup (5 menit)
Reflection


Feedback


Assigning



Closing
-   Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
-   Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
-   Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan nama-nama benda yang ada di rumah masing-masing
-   Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
-   Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.


H.      Penilaian

1.        Sikap spiritual

a.         Teknik Penilaian              : Tertulis
b.         Bentuk Instrumen           : Learning Journal
c.         Kisi-kisi                           :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
Lampiran 1

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...



e.         Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
Indikator
Skor
1
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
5
2
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
4
3
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
3
4
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
2
5
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
1

f.          Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

2.         Sikap sosial

a.         Teknik Penilaian       : Penilaian sejawat (antar teman)
b.        Bentuk Instrumen    : Lembar Peer Assessment
c.         Kisi-kisi                    :


No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Memberikan penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
Lampiran Penilaian Sikap 1-3

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...



e.         Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:


always= 2
                



often= 1




                     seldom = 0,5
                    
Contoh: Mencentang            untuk seluruh pernyataan.
                     Bila mencentang:

= 2 + 2 + 2 = Skor 6


Bila mencentang:

= 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.

                    
                     Bila mencentang:
= 2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5
                                                                       


f.         Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

3.         Pengetahuan

a.         Teknik Penilaian       : Tes Tertulis
b.        Bentuk Instrumen    : Pilihan Ganda
c.         Kisi-kisi                    :

No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Disajikanbeberapa nama-nama benda, siswa mampu menentukan fungsi sosial (mengenalkan) label dan daftar barang dengan tepat
Soal No. 1

  1.  
Disajikan sebuah gambar dan nama benda-benda, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan tepat.
Soal No. 2

  1.  
Disajikan sebuah kalimat dengan beberapa kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan kata sifatnya dengan tepat
Soal No. 3

  1.  
Disajikan sebuah kalimat dengan beberapa kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan jumlah bendanya dengan tepat
Soal No. 4

  1.  
Disajikan pertanyaan yang mengandung nama ruangan tertentu, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat.
Soal No. 5

  1.  
Disajikan pertanyaan yang mengandung ciri-ciri fisik benda, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat.
Soal No. 6

  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan jumlah benda menggunakan angka kardinal angka kardinal dengan tepat.
Soal No. 7

  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan jumlah benda menggunakan angka kardinal angka kardinal dengan tepat.
Soal No. 8

  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan jumlah benda penggunaan artikel a, an dan the dengan tepat.
Soal No. 9

  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan jumlah benda penggunaan artikel a, an dan the dengan tepat.
Soal No. 10

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1



4.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian            : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen          : Tes Keterampilan Mendengarkan, dan Mengamati gambar.
c.         Kisi-kisi:

No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Diperdengarkan sebuah teks sederhana tentang macam-macam barang serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang didaftar dengan tepat.
Soal No. 1

  1.  
Diperdengarkan sebuah teks sederhana tentang macam-macam barang serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang didaftar dengan tepat.
Soal No. 2

  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat mengenal gambar dan benda-benda yang ada di dalamnya dengan tepat.
Soal No. 3

  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang ada di dalam ruangan dengan tepat.
Soal No. 4

  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat mengiventarisasi benda-benda yang ada di dalam ruangan dengan tepat.
Soal No. 5

  1.  
Disajikan daftar list, siswa dapat mendaftar benda-benda yang ada di kamar tidur masing-masing dengan tepat.
Soal No.A

  1.  
Disajikan label nama, siswa dapat melabel benda-benda yang ada di kamar tidur masing-masing dengan tepat.
Soal No. B

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 12
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

f.         Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis soal No. 3, 4 dan 5
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)




Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

g.        Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis lampiran 4 part three bagian A dan B.
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Keterpaduan kalimat
100% kalimat terpadu dan runtut
5
80%   kalimat terpadu dan runtut
4
60%   kalimat terpadu dan runtut
3
40%   kalimat terpadu dan runtut
2
20%   kalimat terpadu dan runtut
1
4
Penulisan kosa kata



100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
5
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1
6
Originalitas penulisan
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
5
80%   tulisan hasil pemikiran sendiri
4
60%   tulisan hasil pemikiran sendiri
3
40%   tulisan hasil pemikiran sendiri
2
20%   tulisan hasil pemikiran sendiri
1






h.         




i.          Pedoman Peskoran:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


..................., .............................. 20... 
Mengetahui                                                                
Kepala SMP...                                                              Guru Mata Pelajaran






_______________________                                       _________________________
NIP. ...                                                                               NIP. ...                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates