Jumat, 18 Juli 2014

RPP SMA KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/1
Materi Pokok : Teks lisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri
Alokasi Waktu : 2x45 menit

Kompetensi Inti

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
1. 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 Siswa menggunakan ungkapan perkenalan diri dalam situasi yang nyata.
2. 2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.1.1. Siswa memperkenalkan diri dengan cara yang santun dan berterima.
3. 3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.1. Siswa mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri.
4. 4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
4.1.1. Siswa menyusun teks lisan ungkapan yang digunakan untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri
4.1.2. Siswa mempraktekkan ungkapan memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri


Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1. melafalkan berbagai macam ungkapan memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri secara tepat setelah mendengarkan guru.
2. mengidentifikasi ungkapan secara lisan yang digunakan untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri setelah diberikan contoh.
3. merespon secara lisan ungkapan pemaparan jati diri setelah diberikan contoh pemaparan jati diri.
4. memperkenalkan diri dengan cara yang santun dan berterima setelah diberikan contoh.
5. menyusun teks lisan mengenai ungkapan yang digunakan untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri.
6. mempraktekkan ungkapan memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri didepan kelas secara tepat dan lancar setelah diberikan situasi


Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial : Menjalin hubungan dengan guru, teman dan orang lain
Ungkapan : My name is... I’m ... I live in ... I have … I like …. dan semacamnya
Unsur kebahasaan :
Kata terkait dengan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan, profesi pekerjaan, hobi.
Kata kerja dalam simple present tense: be, have dalam simple present tense
Kata tanya What? Who? Which?
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi
Rujukan kata
Topik : Keteladanan tentang perilaku terbuka, menghargai perbedaan, perdamaian.


Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Approach (Observing, Questioning, Experimenting)
Model : Project Based Learning (menyusun dialog secara lisan dan mempresentasikan dalam bentuk mini drama)
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media : LCD
Alat : Papan tulis, boardmarker
Sumber Pembelajaran : Audio CD/ VCD/DVD
Suara guru :
Koran/ majalah berbahasa Inggris
www.dailyenglish.com
http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files
http://learnenglish.britishcouncil.org/en/
www.google.com

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
Salam tegur sapa Apersepsi dan motivasi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan inti (75 menit)
Observing
*Peserta didik mengamati teks dialog mengenai ungkapan memaparkan, menanyakan, dan cara merespon pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan. (Task 1)
*Peserta didik menirukan berbagai ungkapan memaparkan, menanyakan, dan cara merespon pemaparan jati diri.(Task 2)
Questioning
*Peserta didik mempertanyakan perbedaan antara berbagai ungkapan memaparkan, menanyakan, dan cara merespon pemaparan jati diri secara formal dan informal. (Task 3)
Experimenting
*Peserta didik berlatih mengidentifikasi ungkapan memaparkan, menanyakan, dan cara merespon pemaparan jati diri secara formal dan informal secara lisan. (Task 4)
*Peserta didik berlatih merespon ungkapan memaparkan jati diri secara lisan. (Task 5)
*Peserta didik berlatih memperkenalkan dirinya masing-masing didepan kelas secara lisan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan. (Task 6)
*Peserta didik berlatih mempresentasikan mini drama tentang memaparkan, menanyakan, dan cara merespon pemaparan jati diri di depan kelas secara lisan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan. (Task 7)
Penutup (5 menit)
Reflection
Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
Feedback
Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Assigning
Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menyusun teks dialog mengenai memaparkan, menanyakan, dan cara merespon pemaparan jati diri.
Closing
Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.


Penilaian
Keterampilan
Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
Bentuk Instrumen : Tes Keterampilan Berbicara.
Kisi-kisi:
No. Keterampilan/Indikator Butir Instrumen
Disajikan sebuah situasi, siswa mampu mempraktekkan dalam sebuah drama singkat secara tepat dan lancar. Soal A
Instrumen: lihat Lampiran ...

Rubrik Penilaian

Ada empat aspek yang dinilai dalam tes berbicara di atas:
Kelancaran, dengan skor 5 bila sangat lancar,
Skor 4 bila lancar,
Skor 3 bila cukup lancar
Skor 2 bila kurang lancar
Skor 1 bila tidak lancar.
Pengucapan, dengan skor 5 bila pengucapan hampir sempurna,
Skor 4 bila ada kesalahan tetapi tidak mengganggu makna,
Skor 3 bila ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 2 bila banyak kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 1 bila terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami.
Intonasi, dengan skor 5 bila pengucapan hampir sempurna,
Skor 4 bila ada kesalahan tetapi tidak mengganggu makna,
Skor 3 bila ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 2 bila banyak kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 1 bila terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami.
Pilihan kata, dengan skor 5 bila sangat variatif dan tepat,
Skor 4 bila variatif dan tepat
Skor 3 bila cukup variatif dan tepat
Skor 2 bila kurang variatif dan tepat
Skor 1 bila tidak variatif dan tidak tepat


NA= (Skor Perolehan)/5

Konversi Kompetensi Keterampilan
A 4
A- 3.66
B+ 3.33
B 3
B- 2.66
C+ 2.33
C 2
C- 1.66
D+ 1.33
D- 1



..................., .............................. 20...
Mengetahui
Kepala SMA... Guru Mata Pelajaran






_______________________ _________________________
NIP. ... NIP. ...



Lampiran : Instrumen Penilaian Ketrampilan

Soal A. Practice the situation with short role play

Situasi : untuk menguji kemampuan siswa menggunakan ungkapan perkenalan diri.
Situasi di sebelah kiri untuk Siswa A dan kartu di sebelah kanan untuk Siswa B.
1. You are as Mila, 16 years old. You study in SMKN 2 Kediri. You live in Nganjuk. Your hobby is drawing a picture. You like green and red colour. Your favorite food is rujak. You meet a boy (your friend will be him). Introduce yourself early. Ask his name, his school, his live, his hobby, his colour, and his favorite food.
2. You are as Dimas, 16 years old. You study in SMAN 7 Kediri. You are from Tulungagung but you stay in boarding house near your school. Your hobby is watching movie. You like blue colour.. Your favorite food is fried rice and gado-gado. You meet a girl (your friend will be her). Your friend will introduce herself early. Ask his name, his school, his live, his hobby, his colour, and his favorite food.
3. You are as James, 17 years old. You study in SMAN 1 Kediri. You are from Blitar but you live in boarding house on Jl. Veteran. Your hobby is playing basketball. You like black colour. Your favorite food is meatball. You meet a girl (your friend will be her). Introduce yourself early. Ask his name, his school, his live, his hobby, his favorite colour, and his favorite food.
4. You are as Leli, 16 years old. You study in SMAN 3 Kediri. You live on Jl.Sersan Bahrun. Your hobby is playing badminton. You like pink and yellow colour.. Your favorite food is fried chicken. You meet a boy (your friend will be him). Your friend will introduce himself early. Ask his name, his school, his live, his hobby, his colour, and his favorite food.
5. You are as Roki, 16 years old. You study in SMAN 8 Kediri. You live on Jl. Wahid Hasyim Bandar Kediri. Your hobby is playing football, badminton, and swimming. You like green colour. Your favorite food is brownies. You meet a boy (your friend will be him). Introduce yourself early. Ask his name, his school, his live, his hobby, his favorite colour, and his favorite food.
6. You are as Gita, 16 years old. You study in SMAN 6 Kediri. You live on Jl.Penanggungan. Your hobby is singing and dance. You like black colour. Your favorite food is fried noodle. You meet a boy (your friend will be him). Your friend will introduce himself early. Ask his name, his school, his live, his hobby, his colour, and his favorite food.


1 komentar:

  1. Thanks so much. Your post opens my mind deeper to understand RPP Kurikulum 2013 easily :)

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates